refid

AsOneWishes.com

rss

Senin, Maret 23, 2009

Pengenalan Komputer

PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

A. PENGERTIAN KOMPUTER

KATA KOMPUTER berasal dari bahasa latin “COMPUTARE” yang berarti menghitung (dalam bahasa inggris adalah “to compute”). Suatu perjalanan panjang telah dilalui dalam sejarah computer, pada abad lalu bangsa Cina mulai mengenal alat hitung yang disebut ABACUS. Hingga saat ini dapat kita nikmati computer yang canggih dalam segala bentuk untuk mencapai prestasi yang optimal dalam bidang pengolahan data.
Dapat disimpulakan bahwa pengertian computer adalah serangkain atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan sampai jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, seta membsentuk sebuah system kerja yang rapid an teliti.
Adapun komponen penyusun computer sebagai berikut:

1. Hardware (perangkat keras)
2. software (perangkat lunak)
3. brainware (pelaksana computer)
konsep hardware-software-brainware merupakan konsep tri-tunggal yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Untuk pertama manusia harus memasukkan progam terlebih dahulu kedalam computer. Setelah program tersimpan di dalam computer maka computer baru bias bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan atau pekerjaannya.
Komputer terdiri dari alat logic yang dapat menerima data,mengolah data, kemudian memberikan hasil pengolahan tadi berupa output. Peralatan computer dijalankan dan dikendalikan oleh komponen-komonen penggerak eletronik yang dimulai dengan bentuk sederhana yaitu “Vacum tubes” (Tabung Hampa) yang kemudian berkembang dengan memakai transistor, lalu Integrated Circuit (IC).
B. PENGGOLONGAN KOMPUTER
1. Berdasarkan Kemampuan Kerja
a. General Purpose Komputer
Adalah computer yang umum diguanakan pada setiap hari, computer ini desebut umum karena digunakan untuk menyelesaikan berbagai kegiatan.
b. Special Purpose Komputer
Adalah computer khusus untuk menyelesaikan pekerjaan atau aplikasi tertentu saja.
2. berdasarkan kapasitas
a. Komputer Mikro (Personal Komputer)
Pada umumnya personal computer hanya digunakan unutk satu orang pemakai (single-user) tetapi dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN, PC dapat digunakan banyak pemakai.
b. Komputer Mini
Computer mini panda mummy adapt iguana untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi-user) dengan mengguanakn satu processor.
c. Komputer Mainframe
Komputer mainframe digunakan untuk melayani lebih dari sartu pemakai (multi-user) dengan mengguanakn banyak processor (multi-processor).
1. Berdasarkan Data yang Diolah
a. Komputer Digital
Digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif, datanya adalah berupa symbol yang memiliki arti tertentu. Misalnya symbol aphabetis digambarkan huruf A-Z atau angka 1-9 atau symbol-simbol yang lainnya.
b. Komputer Analog
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Misalnya keadaan suhu, kelembaban udara, ketinggian atau keceptan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh kkomputer kemudianditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.
c. Komputer Hibyid
Merupakan jenis komputer yang dapat mengolah data yang bersigat kuntitatif maupun kualitatif

0 komentar: